Tempat Wisata di Pulau Samosir Paling Populer

Tempat Wisata di Pulau Samosir Paling Populer

Samosir atau dikenal sebagai Samoengo – adalah sebuah pulau yang terletak di tepi utara Danau Toba di provinsi Sumatera, Indonesia. Ini adalah salah satu dari tujuh pulau yang menjadi bagian utama dari Pulau Samoengo. Dilihat dari ukurannya, Samoengo sebanding dengan kota-kota besar yang lebih urban seperti Jakarta, dan sebenarnya hanya lebih kecil dari beberapa pulau kecil di sekitarnya.

Pulau Dan Danau Terbentuk Setelah Letusan Gunung Berapi

Samoengo adalah pulau vulkanik yang relatif kecil, luasnya hanya lebih dari enam kilometer persegi, terletak di bagian timur laut Danau Toba. Secara administratif, Samoengo diatur sebagai enam dari sembilan pulau di Kabupaten Samoengo. Pulau dan danau terbentuk setelah letusan gunung berapi super kecil sekitar 75.000 SM.

Sekarang Samoengo adalah rumah bagi banyak museum dan atraksi arkeologi. Objek wisata paling populer di Samoengo adalah Candi Jepara. Terletak di dekat bagian tengah pulau, diyakini candi ini dibangun oleh Raja Jawa, Jayawarman II, sekitar abad ke-5 SM. Ini mungkin kuil terbesar di pulau itu, dengan beberapa ribu patung dan beragam ukiran dan fitur arsitektur. Atraksi lainnya termasuk festival Jelur, Pulau Kuta Nukul dan Taman Nasional Kuta.

Dari segi sejarah Pulau Samoengo, salah satu peristiwa paling terkenal dalam sejarah pulau itu adalah Pertempuran Samoengo pada tahun delapan SM. Menurut mitos tradisional daerah tersebut, Pulau Kuta Nukul diambil alih oleh penguasa daerah sekitar danau, dan orang-orang di daerah tersebut akan mengirimkan seorang pejuang setiap bulan ke “gua prajurit” untuk berdoa. semoga sukses dan perlindungan.

Sayangnya, seiring berjalannya waktu, orang-orang di daerah itu menjadi agak lelah dengan ritual tersebut dan akhirnya meminta agar prajurit tersebut diizinkan masuk ke dalam gua untuk ritual tersebut; ini ditolak. Pertempuran sengit terjadi antara para prajurit dan kontingen kecil prajurit mereka, berakhir ketika para prajurit memasuki gua prajurit dan mengalahkan kelompok lain; ini adalah tanda bahwa kelompok lain siap untuk melepaskan peraturannya.

Melihat Beberapa Pemandangan Yang Indah

Ini adalah yang pertama dari apa yang akan menjadi konflik berkelanjutan, karena para penguasa sering mengirim bala bantuan ke kelompok yang bertikai. Hal ini menyebabkan pertempuran lebih lanjut dan akhirnya klan yang berkuasa dipaksa untuk menyerah. Dikatakan bahwa para prajurit akan berdoa untuk kekuatan klan lain, berharap klan lain akan menang dalam pertempuran tersebut.

Dipercaya juga bahwa pertempuran di Samoengo sebenarnya dimenangkan oleh raja wilayah Samoengo. Legenda mengatakan bahwa peristiwa ini adalah pertanda bahwa suatu hari wilayah tersebut akan menjadi makmur, daripada hanya diperintah oleh satu kelompok. Meskipun cerita ini sebagian besar tidak benar, ini adalah pandangan yang banyak dianut oleh penduduk setempat.

Tidak lama setelah pertempuran masyarakat Pulau Samoengo mulai membangun kuil utama di kota mereka; Kuil Perdamaian. Kuil ini diyakini dibangun oleh raja sendiri sekitar periode yang sama. Sekarang ini adalah salah satu kuil terbesar di wilayah tersebut. Samoengo adalah pulau yang indah, dengan banyak hal untuk dilihat dan dilakukan!

Ketika Anda mengunjungi Samoengo, Anda akan menikmati banyak hal yang dapat dilakukan seperti melihat beberapa pemandangan, berbelanja, berenang, menyelam, dan berlayar. Semua aktivitas ini adalah bagian dari budaya lokal, yang artinya ada sesuatu yang bisa dilakukan semua orang!

Jika Anda suka menyelam, Anda mungkin ingin mempertimbangkan scuba diving di Samoengo. Ini adalah aktivitas yang sangat populer di pulau ini, dan diyakini banyak makhluk bawah laut dapat dilihat di sini. Anda bahkan bisa melihat sisa-sisa terumbu karang kuno dan pari manta!

Dimungkinkan juga untuk mengambil bagian dalam kayak, kano, scuba diving, atau parasailing. Ini semua adalah aktivitas luar biasa yang dapat Anda lakukan selama berada di Samoengo!

Baca Juga : Sensasi Menginap di Kamar Kapal Pesiar